PendidikanSumatera Barat

Pemkab Tanah Datar dan IAIN Batusangkar Terus Tingkatkan Sinergitas

67
×

Pemkab Tanah Datar dan IAIN Batusangkar Terus Tingkatkan Sinergitas

Sebarkan artikel ini
Wabup dan IAIN Batusangkar

MJNews.id – Keberadaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar sebagai lembaga pendidikan perguruan tinggi sangat dirasakan manfaatnya, tidak sebatas pendidikan saja, namun bagi masyarakat sekitar manfaat ekonomi juga sangat dirasakan, tentu hal ini menjadi potensi yang bisa dimaksimalkan ke depannya.

ADVERTISEMENT

banner pemkab muba

Ini diungkapkan Wabup Tanah Datar, Richi Aprian saat bersilaturahmi dan audiensi bersama Rektor IAIN Batusangkar, Marjoni Imamora didampingi Wakil Rektor 1, 2 dan 3 serta turut didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen dan Kabag Humas dan Protokol Yusrizal, Senin 22 Maret 2021, di ruang kerjanya.

“Pemerintah Daerah seperti disampaikan pak Bupati beberapa waktu lalu sangat mendukung IAIN Batusangkar untuk memulai perkuliahan tatap muka, sehingga bisa kembali menggerakkan perekonomian sekitar, namun tentunya tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat penuh kedisiplinan,” kata Wabup.

Apalagi, tambah Wabup, IAIN Batusangkar akan meningkatkan statusnya menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) beberapa waktu ke depan tentunya menjadi kebanggaan bagi Tanah Datar Luhak Nan Tuo. “Keberhasilan IAIN meningkat status tentunya harus kami apresiasi dan dukung sepenuh hati karena menjadi kebanggaan kita semua,” ujarnya.

Richi tentunya berharap peningkatan status juga akan meningkatkan minat generasi muda untuk melanjutkan pendidikan di sini nantinya. “Nanti diharapkan semakin banyak mahasiswa untuk berkuliah selepas menjadi UIN, apalagi Tanah Datar merupakan daerah yang letaknya di tengah di antara kabupaten kota lain sehingga akses semakin mudah. Dan tentunya akan menjadikan Tanah Datar pusat pendidikan di Sumatera Barat,” katanya.

Ke depan, ujar Wabup Richi lagi, pemerintah daerah di bawah kepemimpinan pak Bupati Eka Putra dan saya selaku Wabup akan mendukung dan siap bersinergi dengan IAIN atau UIN Batusangkar ke depan. “Alhamdulillah, pertemuan ini tentu menjadi awal bagi kita untuk saling bersinergi dan menjalin kerjasama yang baik ke depan, terutama dalam meningkatkan kemajuan pendidikan di Tanah Datar,” tukasnya.

Sementara itu Rektor IAIN Batusangkar Marjoni Imamora menyampaikan ungkapan dan ucapan terima kasih atas kesediaan Wabup menerima kedatangan tim dari IAIN Batusangkar.

“Kedatangan kami ini untuk bersilaturahmi dan menyampaikan sebagian besar rencana dan cita-cita IAIN ke depan, terutama tentang alih status menjadi UIN yang Insya Allah akan dikunjungi tim asesmen dari Kementerian Agama pada 26 dan 27 Maret esok langsung ke kampus,” ujar Rektor Marjoni.

Kami dari Perguruan Tinggi Negeri di Tanah Datar, tambah Rektor Marjoni Imamora siap bekerjasama dan mendukung program pemerintah daerah. “Salah satu misi dari IAIN ingin Tanah Datar kembali menjadi pusat pendidikan agama Islam dan program ini hampir sejalan dengan visi dan misi Pemkab Tanah Datar ke depan,” ujarnya.

Disebutkan Marjoni lagi, salah satu bentuk dukungan IAIN terhadap program Pemda adalah menerima mahasiswa baru dari jalur tahfiz, “Seperti di masa pemerintahan Almarhum Bupati Irdinansyah Tarmizi yang berharap IAIN mau menerima mahasiswa dari jalur tahfiz, Alhamdulillah kita dukung dan wujudkan, sehingga sampai saat ini program ini masih bertahan dan berlanjut sampai sekarang,” pungkasnya.

(ben)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT