ADVERTISEMENT
PolitikBawasluLampung

Tenaga Kesehatan Lampung Konsisten Jauhi Politik Praktis

72
×

Tenaga Kesehatan Lampung Konsisten Jauhi Politik Praktis

Sebarkan artikel ini
Bawaslu
Bawaslu.

Mjnews.id – Berdasarkan hasil pantauan data pelanggaran dari Bawaslu Provinsi Lampung per Januari 2024, tenaga kesehatan, baik yang merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun non-PNS, tercatat minim sekali pelanggaran.

Bahkan, data yang diperoleh hingga saat ini menunjukkan bahwa tidak ada pelanggaran politik praktis yang dilakukan oleh perawat, bidan, maupun dokter.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Konsistensi ini disebutkan tidak terlepas dari peran organisasi profesi kesehatan seperti PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia), IDI (Ikatan Dokter Indonesia), dan IBI (Ikatan Bidan Indonesia), yang secara profesional menjaga marwah tenaga kesehatan agar tidak terlibat dalam politik praktis. Mereka juga tidak menggunakan organisasi profesi kesehatan dalam konteks Pemilu 2024, dan hak politik digunakan secara individual.

Baca Juga  Mirza Maju dalam Bursa Pemilihan Ketua MPC Pemuda Pancasila Lampung Utara

Informasi yang diterima juga mencakup tindakan dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung untuk menjaga netralitas tenaga kesehatan. Surat edaran Gubernur Lampung Nomor 800/23/VI.4 tahun 2024, yang dikeluarkan pada 8 Januari 2024, menginstruksikan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah Non-PNS (PPNPN) dalam pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024.

Baca Juga  Partai Ummat Kini Hadir di Pasaman Barat

Surat edaran tersebut telah diteruskan ke tenaga medis pemerintah di Provinsi Lampung, meminta agar mereka mematuhi ketentuan tersebut guna menjaga situasi aman dan damai dalam kontestasi Pemilu 2024.