Nasional

Jaga Stabilitas Ekonomi, BI Tahan Suku Bunga Acuan 6 Persen

100
×

Jaga Stabilitas Ekonomi, BI Tahan Suku Bunga Acuan 6 Persen

Sebarkan artikel ini
202301161428 main
Ilustrasi

Mjnews.id – Jaga Stabilitas Ekonomi, BI tahan suku bunga acuan 6 persen.

Bank Indonesia (BI) kembali mempertahankan suku bunga acuan di tingkat 6% bulan ini.

ADVERTISEMENT

banner pemkab muba

Keputusan ini jadi konsisten dengan kebijakan yang pro stability preemptive dan forward looking untuk menjaga stabilitas ekonomi.

Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 19 sampai 20 Maret 2024 memutuskan mempertahankan BI rate sebesar 6% suku bunga, deposit fasility sebesar 5,25%, dan suku bunga landing facility sebesar 6,75%.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan, keputusan mempertahankan BI rate pada level 6% tetap konsisten dengan fokus kebijakan moneter yang pro stability, yaitu untuk menjaga stabilitas nilai tukar Rupiah, serta langkah preemptif dan forward looking untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam sasaran 2,5 + – 1% pada 2024.

“Sementara itu kebijakan makro prudensial, dan sistem pembayan tetap progrut untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” katanya melansir dari kanal YouTube KOMPASTV, Selasa, 26 Maret 2024.

Bank Indonesia terus memperkuat bauran kebijakan moneter makroprudensial, dan sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas, dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melalui upaya sebagai berikut.

Pertama, stabilisasi nilai tukar Rupiah melalui intervensi di pasaran pada transaksi spot domestic noniverable forward dan surat berharga negara di pasar sekunder.

Kedua, penguatan strategi operasi moneter yang promarket untuk efektivitas kebijakan moneter, termasuk optimalisasi sekuritas rupiah Bank Indonesia, sekuritas valas Bank Indonesia, dan suku valas.

Ketiga, perluasan dan pendalaman pasar uang dan pasar valas melalui peningkatan volume dan jumlah pelaku transaksi repurchase agreement.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT