Nasional

Ini Nama yang Diincar Prabowo Subianto jadi Menteri Keuangan, Ada 4 Sosok Mantan Pejabat Bank

129
×

Ini Nama yang Diincar Prabowo Subianto jadi Menteri Keuangan, Ada 4 Sosok Mantan Pejabat Bank

Sebarkan artikel ini
sri mulyani perketat masuk kantor kementerian keuangan
Ilustrasi

Mjnews.id – Ini nama yang diincar Prabowo Subianto jadi Menteri Keuangan, ada 4 sosok mantan Pejabat Bank.

Media asing Bloomberg membocorkan nama yang diincar Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto untuk menjadi Menteri Keuangan (Menkeu) di masa pemerintahannya mendatang.

Media Amerika Serikat itu mengungkap, ada empat sosok mantan pejabat bank yang dibidik Prabowo Subianto untuk peran Menteri Keuangan RI.

Melansir dari kanal YouTube Tribun MedanTV, Kamis, 29 Februari 2024, Bloomberg menyebutkan, Sri Mulyani tidak akan lagi menjabat sebagai Menteri Keuangan dalam Kabinet Pemerintahan Prabowo-Gibran.

Prabowo disebut sudah mempertimbangkan sejumlah tokoh yang latar belakang bankir sebagai Menteri Keuangan.

Menteri Pertahanan itu disebut mencari teknokrat untuk mengamankan pendanaan negara menjaga kewaspadaan fiskal, serta bisa memenuhi janji kampanyenya.

Bloomberg mengatakan, empat nama yang sedang dipertimbangkan adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirajati Mojo.

Kemudian ada Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar, dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (BNI) Royke Tumilaar.

Bloomberg menganggap, nama-nama itu cocok untuk peran Menteri Keuangan karena keahlian finansial dan kemampuan
memimpin secara efektif.

Namun Prabowo disebut tidak akan menjadikan Menteri Keuangan sebagai posisi tawar-menawar politik.

Pasalnya, Jabatan itu disebut di atas politik sehingga dibutuhkan orang yang teliti dan piawai dalam mengelola anggaran negara.

Kendati demikian, sejumlah sumber mengatakan lain alias nama-nama calon menteri keuangan tersebut bisa saja berubah sepenuhnya. Sebab diskusi pembentukan kabinet masih berada dalam tahap awal. (*)

Kami Hadir di Google News