ADVERTISEMENT
KemensosJawa Tengah

Dapat Bantuan Kemensos, Warga Demak Ini Berharap Bisa Melihat Normal Kembali

39
×

Dapat Bantuan Kemensos, Warga Demak Ini Berharap Bisa Melihat Normal Kembali

Sebarkan artikel ini
Sentra Margo Laras Pati melakukan pendampingan rujukan bagi Supiani ke Poli Mata RSUD Sunan Kalijaga Demak
Sentra Margo Laras Pati melakukan pendampingan rujukan bagi Supiani ke Poli Mata RSUD Sunan Kalijaga Demak. (f/humas)
Mjnews.id – Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Sentra Margo Laras Pati memberikan bantuan ATENSI (Asistensi Rehabilitasi Sosial) bagi Supiani (46), warga Desa Katonsari, Kabupaten Demak, Jawa Tengah yang mengalami kelainan syaraf mata.
Supiani mengalami gangguan penglihatan pada mata kanannya sejak remaja. Sehari-hari ia tinggal bersama anaknya, Ahmad (18) yang mengalami disabilitas ganda yakni disabilitas intelektual dan mental.
Supiani sempat ke Puskesmas tidak bisa melakukan pengobatan lanjutan karena terkendala biaya.
“Udah dua minggu mata kanan gak bisa lihat sama sekali,” ucap Supiani ketika ditanya perihal kondisinya, di kediamannya, Jumat 2 Februari 2024.
Dalam upaya membantu Supiani, Kemensos telah melakukan beberapa intervensi dengan melakukan pendampingan rujukan ke Poli Mata RSUD Sunan Kalijaga Demak. Rumah sakit memberikan obat dan terapi untuk mengatasi nyeri di bagian tangan serta sakit di bagian kepala.
“Dari hasil pengecekan, Ibu Supiani mengalami Nystaghmus sekunder bawaan. Hal ini bisa disebabkan oleh gloukoma akibat tekanan bola mata tinggi yang mengakibatkan penglihatan mata sebelah kanannya makin turun,” ucap dr. Deby Armawati saat membacakan hasil tes.
Dokter merekomendasikan Ibu Supiani untuk dirujuk ke dokter spesialis mata di Poli Mata RSUP Kariadi Semarang.
Kementerian Sosial juga mendampingi pengecekan kesehatan untuk memastikan kondisi fisik Ahmad di RSUD Sunan Kalijaga Demak.
Selanjutnya Ahmad dievakuasi ke Sentra Margo Laras di Pati untuk mendapatkan layanan rehabilitasi sosial dan perawatan.
Setelah berdialog dengan Supiani, selanjutnya Kemensos akan memberikan bantuan kewirausahaan berupa peralatan dan bahan masak untuk Supiani yang ingin membuka warung makan.
Selain itu Kemensos juga akan terus memberikan pendampingan kepada Supiani ke Poli Mata RSUP Kariadi Semarang, untuk pengobatan matanya.
Supiani berharap, berbagai langkah yang dilakukan Kemensos membuatnya bisa melihat normal kembali.
(*)
Baca Juga  Bhayangkari Kota Magelang Senam Bersama di Ngablak