ADVERTISEMENT
Kemendagri

Kementerian Adakan Rakor Percepatan Transformasi Digital

45
×

Kementerian Adakan Rakor Percepatan Transformasi Digital

Sebarkan artikel ini
Rakor Percepatan Transformasi Digital
Rakor Percepatan Transformasi Digital. (f/ist)

Mjnews.id – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi selenggarakan Rapat Koordinasi dengan tujuan mempercepat transformasi digital dan meningkatkan keterpaduan layanan digital di seluruh wilayah Indonesia.

Acara ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (SE Mendagri) Nomor 000.9.3.2/92/SJ yang menekankan peran pemerintah daerah dalam transformasi digital.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Rapat tersebut membahas dua pokok utama, yakni Keterpaduan Layanan Digital Pemerintah dan Konsolidasi Perencanaan serta Penganggaran/Belanja TIK sesuai Arsitektur SPBE Pemda. Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan rapat ini.

Dalam acara tersebut, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah II (SUPD II) Kemendagri, Suprayitno, menyatakan bahwa SE Mendagri yang diterbitkan pada 5 Januari 2024, ditujukan kepada Gubernur, Bupati, dan Walikota, dengan harapan memperkuat peran pemerintah daerah dalam akselerasi transformasi digital.

Baca Juga  Bangga Produk Dalam Negeri, Kemendagri Gelar Indonesia Maju Expo & Forum

Suprayitno menekankan bahwa akselerasi transformasi digital sejalan dengan amanat Presiden Joko Widodo untuk mendorong percepatan digital sebagai upaya transformasi layanan digital yang didukung oleh seluruh jajaran pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Pada kesempatan tersebut, Suprayitno menyampaikan bahwa SE Mendagri memberikan landasan yang kuat bagi pemerintah daerah untuk mengemban peran strategisnya dalam transformasi digital.

Dengan adanya dasar hukum tersebut, diharapkan pemerintah daerah dapat lebih proaktif dalam mengimplementasikan langkah-langkah konkret untuk mencapai keterpaduan layanan digital nasional.

“Akselerasi percepatan transformasi digital juga selaras dengan amanat Presiden Joko Widodo untuk mendorong jalannya percepatan digital sebagai upaya transformasi layanan digital yang perlu didukung oleh semua jajaran pemerintah, mulai dari pusat hingga daerah,” kata Suprayitno yang hadir pada acara tersebut di Hotel The Sultan Jakarta, Selasa, (30/01/2024).

Baca Juga  Kemendagri Ingatkan Pemda Terkait 8 Area Intervensi Pencegahan Korupsi

Ia juga menyampaikan harapannya agar semua pemangku kepentingan yang hadir dapat berperan aktif dan mendukung penuh implementasi percepatan transformasi digital di daerah. Dengan komitmen yang tinggi dan kerjasama yang kompak, diharapkan tujuan percepatan transformasi digital dapat tercapai, memberikan manfaat bagi masyarakat, dan meningkatkan kualitas layanan publik melalui pemanfaatan teknologi digital.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Kominfo, Kementerian PPN/Bappenas, serta perwakilan dari beberapa provinsi dan kota di Indonesia, antara lain Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Kalimantan Timur, Kota Bandung, Kota Surabaya, Kota Samarinda, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

(Rel)