ADVERTISEMENT
Ekonomi

Ini Dia Pinjol Paling Barbar, Debt Collector-nya Arogan dalam Menagih Utang dan Cara Mengatasi DC Datang ke Rumah

403
×

Ini Dia Pinjol Paling Barbar, Debt Collector-nya Arogan dalam Menagih Utang dan Cara Mengatasi DC Datang ke Rumah

Sebarkan artikel ini
maxresdefault 1

Mjnews.id – Pinjol paling barbar, Debt Collector-nya arogan dalam menagih utang dan cara mengatasi DC datang ke rumah.

Dalam artikel ini, Mjnews.id bakal membahas terkait pinjol yang paling barbar menagih utang dan cara menanggapi Debt Collector (DC) menghubungi lewat WhatsApp pakai ancaman dan datang ke rumah.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Pinjol tersebut adalah Kredivo. Karena saat ini, pinjaman online satu ini paling banyak memiliki Debt Collector baik yang menghubungi lewat chat WhatsApp maupun datang ke rumah.

Pinjol Kredivo

Seperti dilansir dari kanal YouTube Desi Sutriani, Sabtu, 10 Februari 2024, bahwa dirinya mendapat informasi dari salah seorang nasabah pinjol ditagih utang oleh DC Kredivo malam hari dengan kondisi mabuk.

“Karena ketakutan, nasabah ini langsung buru-buru membayar tapi bayarnya bukan langsung ke aplikasi pinjol tapi malah DC dengan alasan biar dia langsung pulang,” katanya.

Menurut Desi, di pinjol Kredivo paling banyak sekali DC yang kurang beretika. Seperti DC bar bar, DC yang tidak tersertifikasi, hingga DC yang ugal-ugalan.

“Kredivo ini paling banyak penagihannya, di daerah mana pun baik di Kalimantan maupun Sulawesi. DC lagi diturunkan sebanyak-banyaknya mungkin sedang mengejar target karena banyak uang Galbay,” katanya.

Baca Juga  Tingkatkan PAD Tanah Datar, Wabup Richi Aprian Gelar Rapat Pemetaan Data Pajak

Cara Mengatasi Debt Collector Barbar

1. Save Nomor Perangkat RT/RW

Perlu diingat, Desi menyarankan nasabah Galbay di Kredivo meskipun DC-nya dalam keadaan mabuk dan tidak bersertifikasi langsung hubungi RT/RW.

“Karena orang yang datang ke rumah kita yang tidak membawa apapun dengan alasan apapun dan mengancam jangan lupa save nomor perangkat RT/RW ataupun Security,” katanya.

Pasalnya, kata Desi, saat ada orang yang bertamu ke rumah Anda pasti tidak langsung membuka pintu. Anda terlebih dahulu melihatnya dibalik jendela.

“Kan saat ada tamu datang ke rumah Anda tidak langsung buka pintu, Anda akan melihat dulu dari jendela. Nah saat itu lah waktunya Anda bisa menghubungi RT ataupun satpam,” katanya.

2. Viralkan

Jika ada DC yang datang ke rumah Anda sedang mabuk-mabukkan bisa Anda viralkan. Jika rumah Anda punya pagar, Anda biarkan mereka di luar pagar dan langsung bikin videonya.

Karena menurut Desi, DC Kredivo ini selalu bermasalah. Rata-rata mengadu ke dirinya tidak mempunyai video saat ditagih DC bermasalah ini lantaran sudah ketakutan.

3. Jangan langsung bayar

Ke depan jika Anda ditemui DC pinjol dalam kondisi mabuk-mabukkan jangan buru-buru bayar meskipun ada keributan langsung laporkan ke satpam tempat Anda berada, baik di rumah maupun di kantor.

Baca Juga  Penagihan Pinjol Mendadak Berhenti, Pertanda Apa Ini? Utang Sudah Dilunasi atau DC Bakal Datang ke Rumah?

4. Jangan memulai keributan

Jika DC datang ke rumah Anda, laporkan saja ke RT bahwa ada orang yang datang ke rumah Anda dengan cara bar bar maupun mengancam.

Jangan memulai keributan, jangan memancing emosi seseorang agar tidak ada proses hukum pidana kepada Anda.

Lantas, bagaimana cara melaporkan DC bar bara supaya mereka ketar ketir saat menghubungi maupun menemui nasabah Galbay?

° Lapor OJK

Desi menyarankan nasabah untuk melapor ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lalu, screenshoot semua ancaman DC pinjol terkait dan kirimkan ke admin pinjol yang bersangkutan.

Anda tinggal berkata “Baru satu hari gagal bayar, kenapa sudah menagih ke luar kontak darurat (kondar). Padahal nomor HP masih aktif”.

“Nah itu lah saya katakan Anda jangan buru-buru ganti nomor telepon. Tujuannya agar nanti Anda dapat perlindungan dari OJK bila ada ancaman dari DC,” katanya.

Nomor WhatsApp OJK 081 157 157 157

° Lapor polisi

Anda bisa menghubungi polisi jika diancam oleh DC ke email info@cyber.polri.go.id

° Lapor Kominfo

aduankonten@kominfo.go.id

° Waspadainvestigasi@ojk.go .id. (*)