ADVERTISEMENT
Ekonomi

Jadi Kaya 2 Kali Lipat Emang Bisa? Simak Tips Hemat Investasi Masa Depan

124
×

Jadi Kaya 2 Kali Lipat Emang Bisa? Simak Tips Hemat Investasi Masa Depan

Sebarkan artikel ini
Tips Hemat Paling Realistis dan Mudah (foto: Pexels)
Tips Hemat Paling Realistis dan Mudah (foto: Pexels)

Mjnews.id – Pada artikel ini, terdapat informasi terkait cara jadi kaya raya 2 kali lipat dengan menerapkan beberapa tips hemat.

Sehingga, kamu dapat menginvestasikan uang demi masa depan lebih baik sesuai saran Youtuber Felicia Putri Tjiasaka dalam sebuah video.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Video tersebut berjudul, “3 Tips Berhemat Paling Realistis dan Mudah,” yang akan dijabarkan secara mendetail agar dapat memberimu inspirasi.

Ia mengawali konten dengan sebuah qoutes dari penulis asal Amerika yang bernama Sahil Lavingia, “kamu bisa 2x lebih kaya dengan memutuskan menghabiskan setengah kebutuhan.”

Dari penjabaran di atas, menjadi kaya raya bukan perkara berapa penghasilan. Tapi bagaimana kamu dapat menghemat pengeluaran seminim mungkin, emang bisa? Maka dari itu baca tulisan di bawah ini.

3 Tips Hemat Paling Realistis dan Mudah

Tips Hemat Paling Realistis dan Mudah
Tips Hemat Paling Realistis dan Mudah (foto: Pexels)

Menurut Felicia, meskipun cara paling ampuh untuk kaya raya yaitu dengan menaikkan penghasilan. Tapi tentunya butuh proses panjang dan cukup lama, bahkan belum tentu semuanya sesuai keinginan.

Maka dari itu, hal yang paling dekat dengan kehidupan yaitu dengan berhemat. Kemudian, ia membagikan perjalanan hemat yang sudah sering dilakukan dengan harapan dapat berguna bagi kamu yang kesulitan menabung.

Baca Juga  Ketua DPD RI Dukung Pemerintah Tagih Dana BLBI

“Pokoknya mau berhemat itu jangan sembarangan atau segalanya saja di kurangin,” kata Felicia sebagai intro, kemudian menjelaskan terkait beberapa daftar yang harus diketahui dalam memenuhi kebutuhan.

Kamu bisa tulis pengeluaran per bulan biasanya berapa, mulai dari makan dan listrik serta transportasi hingga lainnya. Selanjutnya, kamu fokus kepada 3 daftar pengeluaran terbesar dan signifikan tanpa mengurangi banyak hal.

“Biasanya top 3 pengeluaran anak muda itu adalah makanan dan akomodasi (tempat tinggal & transportasi) hingga lifestyle yang masing-masing daftar di atas kita bisa hemat selama memahami triknya,” kata Felicia lagi.

Misalnya kamu biasa makan di resto, sekarang beralih ke Food Delivery jadi turun se-level. Jika ingin turun lagi, bisa makan warteg. Jalan terakhir yaitu masak, tentu dengan pertimbangan perhitungan yang harus lebih hemat.

Sebagai saran dari Felicia, kamu coba dulu praktek masak nasi sendiri dan beli lauk di warteg dulu. Tadi makanan, sekarang akomodasi yang terdiri dari tempat tinggal dan transportasi. Triknya yaitu cari koskosan dengan harga 30% maksimal dari penghasilan.

Baca Juga  Introvert Bisa Cuan Rp30 Juta/Bulan dari Canva, Begini Caranya!

Terakhir untuk transportasi yaitu bisa gunakan busway, KRL dan jalan kaki serta sepedaan hingga nebeng temen. Pilih lah sesuai dengan kondisi yang bisa kamu lakukan, artinya dapat mengakumulasikan dengan pendapatanmu juga.

Selain itu dari segi top 3 tadi ada bagian pos lifestyle yang bisa dikurangi dengan cara, agar tidak sering-sering hangout bareng temen. Kamu bisa ikut kegiatan yang lebih bermanfaat seperti organisasi kampus, training dan workshop hingga lainnya.

Dari kesimpulan di atas, bisa diperoleh penjabaran terkait tips hemat yang harus dibarengi dengan kenaikan penghasilan juga. Tapi karena prosesnya lumayan lama, maka dari itu kamu harus berhemat.

Itulah informasi terkait cara jadi kaya raya 2 kali lipat dengan menerapkan tips hemat agar dapat berinvestasi bagi masa depan, berdasarkan rangkuman Mjnews dari berbagai sumber pada artikel ini. Semoga bermanfaat. (*)