BeritaPurwakarta

Pemkab Purwakarta Gelar Pelayanan KB Massal, Target Akseptor Segini

32
×

Pemkab Purwakarta Gelar Pelayanan KB Massal, Target Akseptor Segini

Sebarkan artikel ini
Pemkab Purwakarta Gelar Pelayanan KB Massal
Pemkab Purwakarta Gelar Pelayanan KB Massal. (f/ist)

Mjnews.id – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta menggelar Pelayanan KB serentak yang dipusatkan di Puskesmas Kecamatan Plered, Selasa 9 Juli 2024.

Dengan metode Metode Operasi Wanita (MOW) dan Metode Operasi Pria (MOP) dalam agenda tersebut juga dihadiri kepala perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat sekaligus membuka acara ini.

ADVERTISEMENT

banner pemkab muba

Pemkab Purwakarta menargetkan sekitar 1.831 akseptor KB. Layanan tersebut serentak dilakukan pada 135 tempat layanan kesehatan baik milik pemerintah maupun swasta yang berpraktek secara mandiri. Untuk alat kontrasepsi yang digunakan mulai dari IUD, implant, suntik hingga pil KB.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Fazar Supriadi Sentosa dalam keterangannya, mengatakan bahwa peran serta kader KB sangat krusial untuk meraih pencapaian yang luar bisa dengan meraih juara satu beberapa tahun secara berturut-turut bagi Kabupaten Purwakarta.

Kini, Kabupaten Purwakarta merupakan corong bagi kabupaten dan kota lain di Jawa Barat. Pencapaiannya ini memberikan pengaruh bagi daerah lain.

“Kalau KB-nya sudah bagus. Sekarang kita sedang dalam upaya penurunan angka stunting. Kemarin SKI kita masih tinggi. Jawa Barat ini 21,7 persen naik dari 20,2 persen naik 1,5 persen Kemudian disini juga ada kenaikan sedikit,” kata Fazar.

Menurutnya, hasil dari E-PPGBM, pelayanan serempak balita yang diukur, ditimbang dari tanggal 1 sampai 30 Juni itu hasilnya bagus dan terjadi penurunan. Karena sebenarnya, SKI menggunakan sampling juga sedikit, sample-nya hanya 700.

“Jadi semuanya di Jawa Barat ini ada 3.168.000 yang sudah dilakukan penimbangan. Cuman permasalahannya masih ada 1 juta lebih yang gizinya masih kurang, itu yang harus kita tingkatkan, termasuk yang di Kabupaten Purwakarta ini,” kata Fazar.

Sementara Penjabat Bupati Purwakarta, Benni Irwan dalam keterangannya mengatakan, melalui DPPKB, Dinas Kesehatan, bersama dengan mitra-mitra kerja lainnya atau seluruh stakeholder yang mempunyai perhatian, kepedulian kepada masyarakat di bidang kesehatan, khususnya di bidang keluarga berencana, melaksanakan kegiatan pelayanan KB serentak.

“Kegiatan Ini kita laksanakan di seluruh wilayah di Kabupaten Purwakarta, tercatat kurang lebih 135 fasilitas kesehatan, baik yang punya pemerintah maupun yang pihak swasta dan termasuk juga yang dilakukan melalui kegiatan mandiri bidang di seluruh Kabupaten Purwakarta,” kata Benni Irwan.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT