ADVERTISEMENT
BeritaJawa TimurMalangPendidikan

Universitas Brawijaya Malang Masuk Posisi Puncak QS World University Ranking 2023, Ini Keunggulannya

80
×

Universitas Brawijaya Malang Masuk Posisi Puncak QS World University Ranking 2023, Ini Keunggulannya

Sebarkan artikel ini
Ketua UPT Universitas Brawijaya Malang, Reputasi Adharul Mutaqien
Ketua UPT Universitas Brawijaya Malang, Reputasi Adharul Mutaqien. (f/ist)

Mjnews.id – Tiga disiplin ilmu di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, berhasil meraih peringkat tertinggi dalam QS World University Ranking (WUR) untuk tahun 2023.

Ketiga bidang tersebut, seperti diungkapkan oleh Ketua UPT, Reputasi Adharul Mutaqien, meliputi Law and Legal Studies, Agriculture and Forestry, serta Business and Management Studies.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Menurut Adharul Mutaqien, Law and Legal Studies berada di peringkat 301-350, konsisten dengan posisi tahun sebelumnya. Agriculture and Forestry mengalami peningkatan peringkat dari 301-350 menjadi 251-300, sementara Business and Management Studies tetap pada posisi 451-500 seperti tahun sebelumnya.

Baca Juga  UMSB dan PNP Jalin Kerja Sama dengan Pemkab Agam

Dosen Fakultas Teknik Universitas Brawijaya ini menambahkan bahwa penilaian tersebut melibatkan beberapa indikator, termasuk Academic Reputation, Employer Reputation, Citation Paper, dan H-Index Citation untuk setiap bidang.

“Penilaian Academic dan Employer Reputation didasarkan pada survei yang diberikan kepada sejumlah responden. Academic Reputation berkaitan dengan opini akademisi dalam survei kademik, sedangkan Employer Reputation mencerminkan persepsi dari non-akademisi terhadap lulusan UB,” ungkapnya, Kamis 8 Februari 2024.

Baca Juga  Delegasi Australia Berkunjung ke FISIP Universitas Brawijaya, Ini yang Didiskusikan

Citation Paper mengukur jumlah sitasi yang diterima oleh satu paper, menunjukkan tingkat kualitas publikasi. H-Index Citation, sementara itu, menggambarkan jumlah dokumen dengan sitasi tertentu, memberikan gambaran tentang dampak dan kualitas publikasi yang dihasilkan.

Adharul menekankan bahwa meskipun beberapa bidang belum mencapai peringkat tertinggi, hal tersebut tidak mengindikasikan kurangnya kontribusi dari UB.

“Namun, untuk bersaing lebih baik dengan perguruan tinggi lainnya, diharapkan peningkatan dalam penelitian lintas disiplin dan peningkatan kualitas publikasi Universitas Brawijaya ke depannya,” katanya.

(*)