ADVERTISEMENT
BeritaBlitarJawa Timur

Polres Blitar Kota Tangkap Mantan Kasir BPR Artha Praja Gelapkan Rp 1 Miliar, Buron 3 Tahun

148
×

Polres Blitar Kota Tangkap Mantan Kasir BPR Artha Praja Gelapkan Rp 1 Miliar, Buron 3 Tahun

Sebarkan artikel ini
Polres Blitar Kota Tangkap Mantan Kasir BPR Artha Praja
Polres Blitar Kota Tangkap Mantan Kasir BPR Artha Praja. (f/humas)

Mjnews.id – Polres Blitar Kota menggemparkan publik dengan pengungkapan kasus korupsi penggelapan dana nasabah dan uang kas BPR Artha Praja senilai Rp 1,033 miliar. Pelakunya, EW (31), mantan kasir BPR milik Pemerintah Kota Blitar, berhasil diringkus setelah 3 tahun buron.

Kasus ini terbongkar dari laporan penggelapan dalam jabatan yang diterima polisi pada tahun 2020. Setelah ditelusuri, ternyata uang yang digelapkan EW termasuk keuangan negara, sehingga Unit Tipikor Satreskrim Polres Blitar Kota menerapkan UU Tipikor dalam penyelidikan kasus ini.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

EW melancarkan aksinya sejak tahun 2018 hingga 2019 saat ia menjabat sebagai kasir dan teller BPR. Modusnya beragam, mulai dari mengambil uang kas BPR, membobol tabungan 14 nasabah, mengurangi setoran nasabah, hingga memalsukan tanda tangan nasabah.

Baca Juga  HUT ke-52, Korpri Pesibar Gelar Senam Bugar dan Bazar Murah

“Uang hasil korupsi itu digunakan pelaku untuk membeli mobil, motor, dan berfoya-foya,” ungkap Kasat Reskrim Polres Blitar Kota AKP Hendro Utaryo.

Baca Juga  Polres Blora Jenguk ke Petugas KPPS yang Sakit

Setelah aksinya terbongkar, EW melarikan diri ke berbagai daerah, mulai dari Jember hingga Lumajang. Ia baru berhasil ditangkap pada 22 Desember 2023 di Lumajang.

“Saat ini, kami masih melakukan pengembangan kasus ini untuk mengetahui apakah ada keterlibatan orang lain,” pungkas AKP Hendro.