Bengkulu SelatanBerita

Baru Realiasikan BLT dan Gaji, Kegiatan Ketahan Pangan Pemdes Batu Bandung Setelah Lebaran

154
×

Baru Realiasikan BLT dan Gaji, Kegiatan Ketahan Pangan Pemdes Batu Bandung Setelah Lebaran

Sebarkan artikel ini

Bengkulu Selatan, Mjnews.id- Dalam penggunaan anggaran Pemerintah Desa Batu Bandung Kecamatan Pino, meskipun dipengujung bulan maret 2023 baru merealisasikan untuk kegiatan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan pembayaran gaji.

Sedangkan untuk  kegiatan lainnya masih ditunda, dan pelaksanaannya setelah lebaran. Alasannya, saat ini dalam kondisi bulan puasa ramdhan, seluruh aktifitas terbatas, ujar Kades Batu Bandung, Pajarman Efendi melalui Sekdes, Feredi julian putra, SPd, saat diwawancari di kantor Desa. Kamis (30/3/23).

Lanjut Sekdes, untuk kegiatan ketahanan pangan yang besar anggararannya 20 persen dari Dana Desa (DD), pelaksanaannya setelah lebaran. Tahun ini, kita akan melakukan budidaya tanaman cabe, dari bibit cabe, pupuk, mulsa, obat-obatan dll seluruhnya disediakan oleh desa. Sedangkan lahannya kita pinjam pakai lahan BPP (Balai Penyuluh Pertanian).

Untuk pengolahaannya kita langsung serahkan dengan warga secara berkelompok, setiap kelompok berjumlah 30 org atau 32 orang. Jadi, Kepala Keluarga Desa Batu Bandung semuanya termasuk didalam kelompok, ujar sekdes.

Hasilnya nanti semua untuk kelompok. Dengan harapan budidaya tanaman cabe ini tetap berlanjut dengan diberi modal awal. Tujuannya agar dapat menambah pendapatan warga secara berkala, lanjut sekdes.

Selain budidaya tanaman cabe, kegiatan ketahanan pangan juga untuk pembuatan kandang komunal sapi. Dengan tujuan untuk penertiban hewan ternak liar sesuai dengan perda, perbup dan perdes, jelas sekdes.

Nanti kegunaannya apabila ada hewan ternak berkeliaran didesa ini akan kita tangkap kemudian dimasukan ke kandang komunal yang sudah dibuat. Ternak bisa diambil oleh pemiliknya apabila sudah ditebus. Mudah-mudahan dengan adanya ini dapat meminimalisir hewan ternak berkelian didesa Batu Bandung, pungkas sekdes.(Iw2002).

Kami Hadir di Google News