Dukungan Satgas TMMD Ke-111 Kodim 1207/Pontianak Terhadap Petani Jeruk di Desa Kuala Mandor B

Notification

×

Adsense2

Adsense3

Dukungan Satgas TMMD Ke-111 Kodim 1207/Pontianak Terhadap Petani Jeruk di Desa Kuala Mandor B

Senin, 28 Juni 2021 | Juni 28, 2021 WIB Last Updated 2021-06-28T02:02:46Z

 

.



Kubu Raya, MJNews.ID - Potensi sebuah desa tidak terlepas dari aktivitas rutin sektor pertanian dan tanaman yang dibudidayakan oleh para petani, yang kemudian menjadi sebuah kunci dari perputaran roda ekonomi. Komandan kompi satgas TMMD ke-111 Kodim 1207/Pontianak, Kapten Kavaleri Edi Darmadi mengatakan akan mendukung dan menggali potensi yang ada di Desa Kuala Mandor B, Kecamatan Kuala Mandor B,  Kabupaten Kubu Raya, Minggu (27/06/2021).

“Memang untuk bidang pertanian, penanaman padi masih mendominasi, akan tetapi warga Desa Kuala Mandor B sudah mulai banyak yang beralih menanam pohon jeruk, selain tanahnya yang sangat cocok untuk ditanami para petani juga bisa dibilang sangat senang dalam menanam pohon jeruk ini. Hal inilah yang menyebabkan petani di desa ini mulai menyeimbangkan pola tanam padi dengan buah jeruk” ungkapnya.

Ditempat lain, Kades Kuala Mandor B Muhammad Ali mengatakan, “Kalau untuk petani jeruk disini sebenarnya sangat banyak, namun untuk wilayah penanamannya cenderung terpisah-pisah karena itu juga selera petaninya sebagai pemilik lahan, kalau dirata-rata hampir seimbang dengan petani padi” ucapnya.

“Terkait hal ini, para petani memang lebih banyak memilih menanam jeruk saat ini, karena lebih menguntungkan ketimbang padi. Tanaman jeruk memang baru bisa dipanen dan menghasilkan setelah 5 tahun, tetapi diharapkan bisa mendapatkan untung lebih dari sekali panen dengan skala tanam yang diinginkan” ungkap Kades.

Hal senada juga disampaikan pemilik kebun jeruk Haji Syamsuddin mengatakan, “Tanaman jeruk bisa dipanen selama satu bulan tiga kali, jumlah ini jauh lebih menguntungkan dari pada menanam padi yang selisihnya lumayan cukup besar dalam sekali panen. Padi hanya bisa dipanen dua kali karena memang harus menyesuaikan cuaca” ucapnya.

“Sedangkan untuk hasil panen dalam satu pohon, buah jeruk memang tidak semuanya dapat dipanen sekaligus, petani harus mengukur tingkat kematangannya terlebih dahulu. Namun dalam sisi harga jeruk jauh lebih unggul, karen buah jeruk termasuk buah yang mengandung banyak vitamin dan manfaat yang baik bagi kesehatan” pungkasnya.

(Pendim 1207/Pontianak)

loading...

Adsense Kiri Kanan



Adsense8

Iklan Revcontent

×
Berita Terbaru Update